waktu terbaik minum madu

meminum  madu merupakan kebiasaan baik yang akan sangat bermanfaat bagi tubuh.

Rumah Nabi tidak pernah kehabisan madu. Nabi juga menganjurkan untuk meminum madu secara teratur. Nabi bersabda :

 "Hendaklah kalian meminum madu."

Adapun Nabi mengajarkan bahwa cara terbaik meminum madu adalah dengan melarutkan satu sendok madu dengan air yang diaduk dengan baik.



Di pagi hari Rasulullah shallallahu"alaihi wa salllam membuka menu sarapan dengan segelas air dingin yang dicampur dengan sesendok madu asli. khasiatnya luar biasa.

Dalam Al-Quran, madu merupakan syifaa (obat) yang diungkapkan dengan isim nakiroh menunjukan arti umum dan menyeluruh. pada dasarnya, bisa menjadi obat berbagai penyakit.

Ditinjau dari ilmu kesehatan, minum madu di pagi hari berfungsi untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus - usus, menyembuhkan sembelit, wasir dan peradangan.

Cara minum madu yang baik dan benar, yaitu antara lain:

Sebelum mengkonsumsi madu, ada baiknya jika bisa memastikan bahwa madu yang akan kita minum adalah madu asli, karena saat ini banyak beredar madu-madu  yang berlabel asli tapi palsu.

Yaitu tulisan pada kemasan bertuliskan Asli, namun setelah di cek ternyata palsu. Untuk mendapat madu asli yang berkualitas, Anda dapat mencari madu asli tersebut di peternak lebah sekitar yang terpercaya.

Waktu yang paling baik untuk meminum madu adalah pada saat pagi hari sebelum sarapan dan pada malam hari saat menjelang tidur.

Meskipun selain 2 waktu tersebut, madu juga tetap baik untuk dikonsumsi kapan saja. Tapi 2 waktu tersebut diyakini sebagai waktu paling tepat dan efesien dalam meminum madu, berikut selengkapnya:

1. Minum madu saat pagi hari.

Madu yang dikonsumsi pada pagi hari dapat mencegah seseorang dari penyakit maag, karena Madu dapat melapisi dinding lambung sehingga kita tidak mudah terkena maag dan madu mengandung fruktosa sehingga mudah dicerna oleh lambung.

Lebih baik menyeduh madu dengan air hangat / dingin karena jika air terlalu panas atau dingin( air es) dapat merusak enzim-enzim dalam madu, dan kualitas vitamin yang terkandung dalam madu akan rusak/hilang.

2. Minum madu sebelum tidur.

- Mengurangi gas dalam tubuh
Jika perut kita terasa penuh dengan gas mungkin hal ini akan membuat rasa yang tak nyaman. Perut yang penuh dengan gas biasanya disebut dengan perut kembung.

Cara mengatasi perut kembung yaitu dengan menyeduh madu dicampur dengan segelas air hangat. Racikan ini akan menetralisir gas di dalam sistem tubuh kita.

- Meningkatkan sistem imunitas tubuh
Perlu anda tahu bahawa Madu mempunyai manfaat yaitu bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh yang impresif.

Seperti yang kita ketahui bahwa madu organik ( asli ) dipercaya mempunyai kemampuan yang jauh lebih maksimal dari pada madu yang biasa.

karena mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi tubuh kita sehingga melindungi tubuh dari berbagai jenis bakteri jahat yang akan menyerang tubuh.

Jadikan minum madu sebagai rutinitas harian untuk membantu tubuh kita melawan serangan-serangan penyakit yang akan membahayakan tubuh kita, dan meningkatkan daya tahan tubuh/imunitas kita.